Senin, 02 Februari 2015

CCTV pertemuan Abraham samad

Polri Klaim Punya CCTV Pertemuan Ketua KPK dan Elit PDIP

Dedy Priatmojo, SyaefullahSenin, 2 Februari 2015, 12:34 WIB
VIVA.co.id - Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim Polri, Inspektur Jenderal Budi Waseso, mengaku telah mengantongi sejumlah dokumen barang bukti pertemuan antara Ketua KPK, Abraham Samad dengan elit PDIP di Capital Residence SCBD beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan pengakuan saksi, semua data kami kumpulkan, termasuk close circuit television (CCTV) juga," kata Budi di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin 2 Februari 2015.

Budi mengatakan, penyidik Bareskrim telah meminta sejumlah dokumen penting dari Pelaksana Tugas (Plt) PDIP, Hasto Kristiyanto. Hal ini untuk mengumpulkan bukti-bukti yang lainnya.

"Kami sudah mengambil sedikit keterangan dari Pak Hasto, dan data yang lainnya sedang dilakukan evaluasi tim penyidik," ujar dia.

Meski demikian, mantan Kapolda Gorontalo itu menerangkan bahwa keterangan yang disampaikan Hasto belum dikenakan berita acara pemeriksaan (BAP), tapi masih dalam tahap permintaan keterangan awal.
"Kami pengen tahu apakah yang disampaikan benar atau tidak. Kalau benar dituangkan dalam berita acara. Itu bisa dipertanggung jawabkan," tegas Irjen Budi.

Mengenai rencana pemanggilan dua politikus PDIP, Hasto Kristiyanto dan Tjahjo Kumolo, Irjen Budi Waseso mengaku belum menjadwalkannya. "Belum ada jadwal, tapi secepatnya kami akan melakukan pemanggilan," terang dia. [Baca: Kasus Abraham Samad, Polri Akan Panggil Hasto dan Tjahjo]

Seperti diketahui, Bareskrim Polri telah memeriksa saksi kunci terkait dugaan pertemuan antara Ketua KPK Abraham Samad dengan Petinggi PDIP. Dalam kasus ini, Abraham Samad diduga melanggar kode etik, karena jabatannya sebagai ketua KPK yang seharusnya tidak bersinggungan dengan kepentingan politis. (ase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar