Minggu, 11 November 2018

Kubu Prabowo kepanasan mendengar Politik Sontoloyo

Cerita perdebatan orang desa baru tadi siang tanggal 12 nopember 2018 ada orang desa yang memaki maki presiden bapak Jokowidodo karena presiden mengatakan politik sontoloyo.Bapak itu saya tanya,"sampy ngerti makna sontoloyo berdasarkan kamus bahasa indonesia?dia menjawab tidak tau,lalu saya tanya lagi kok sampy marah marah pada presiden sampai memaki maki apa sampy tersinggung dengan bahasa politik sontoloyo?Dia berargumen kalau di surabaya pasti di maki maki ganti presiden Jokowidodo?lalu saya tanya lagi apa kamu sudah surfe orang surabaya kalau presiden mengatakan politik sontoloyo orang surabaya secara umum marah?dia ngeles kesana kesini sambil berkata tidak jelas.Lalu saya bilang pak sampy iki ojo sok merasa pinter dan sok bener dan sok tau.Kenyataannya di surabaya secara umum belum ada yang protes dengan pidato presiden itu?lalu bapak itu saya kasih tau arti dari bahasa sontolo berdasarkan kamus bahasa indonesia,setelah itu saya terangkan maksud dan tujuan presiden mengeluarkan perkataan politik sontoloyo,dari politisi yang sukanya hanya membuat fitnah,membuat rumor tanpa data dan lain lain.setelah itu saya tanya sudah ngerti pak?bapak itu hanya diam seribu bahasa karena orang orang di dekat dia yang dipenngaruhi tadi balik ngelokne dia.Orang orang di sekitar mereka bilang,"lak ndak paham mbok sinau disik ojo sok keminter lan ojo sok bener dewe,njajal lak ngene iki piye sampy ternyata salah?lalu saya diam saja melihat dan ngawasi orang yang sok pinter itu.Lalu kumpulan orang orang yang di pengaruhi itu sambil pergi berkata pak jokowi kuwi presiden yang merakyat gelem salaman karo wong ndeso ngono kok dielek elek?Orang itu lalu sendirian sambil malu pucat dan kasihan.Lalu saya dekati Pak njenengan niku lak mboten ngertos takok sik karo sing ngerti ajo mung ndelok debat ning tv thok trus kok telan begitu saja?saya lalu meminta maaf pada bapak itu lalu saya melanjutkan perjalan lagi.nah itulah sekelumit cerita dari saya.Kesimpulannya ternyata hampir 65% Warga desa cinta sama bapak Jokowidodo di wilayah jawa timur.
Masih ada masyarakat yang terpropokasi oleh orasi perdebatan di Media TV tanpa bertanya atau klarifikasi dulu.Diwah ini saya sertakan makna Sontoloyo berdasarkan kamus bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar