Sabtu, 08 Juni 2019

NU dan FPI itu beda,Tidak sama dan tidak akan pernah sama

NU dan FPI itu beda, tidak sama dan tak akan pernah sama. Jadi warga NU jangan bergabung dengan FPI, karena sudah beda rumah. Perbedaannya itu setidaknya bisa dilihat dari Anggaran Dasarnya.

ANGGARAN DASAR NU

BAB II
PEDOMAN, AQIDAH DAN ASAS

Pasal 4
Nahdlatul Ulama berpedoman kepada Al-Qur’an, As-Sunnah, Al-Ijma’, dan Al-Qiyas.

Pasal 5
Nahdlatul Ulama beraqidah Islam menurut faham Ahlusunnah wal Jama’ah dalam bidang aqidah mengikutimadzhab Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur al-Maturidi; dalam bidang fiqh mengikuti salah satu dari Madzhab Empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hanbali); dan dalam bidang tasawuf mengikuti madzhab Imam al-Junaid al-Bagdadi dan Abu Hamid al-Ghazali.

Pasal 6
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Nahdlatul Ulama berasas kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

BAB IV
TUJUAN DAN USAHA

Pasal 8
1. Nahdlatul Ulama adalah perkumpulan/jam’iyyah diniyyah islamiyyah ijtima’iyyah (organisasi sosial keagamaan Islam) untuk menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa, dan ketinggian harkat dan martabat manusia.

2. Tujuan Nahdlatul Ulama adalah berlakunya ajaran Islam yang menganut faham Ahlusunnah wal Jama'ah untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan, kesejahteraan umat dan demi terciptanya rahmat bagi semesta.

Pasal 9
Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana Pasal 8 di atas, maka Nahdlatul Ulama melaksanakan usaha-usaha sebagai berikut:

a. Di bidang agama, mengupayakan terlaksananya ajaran Islam yang menganut faham Ahlusunnah wal Jama'ah.

b. Di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan mengupayakan terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam untuk membina umat agar menjadi muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.

c. Di bidang sosial, mengupayakan dan mendorong pemberdayaan di bidang kesehatan, kemaslahatan dan ketahanan keluarga, dan pendampingan masyarakat yang terpinggirkan (mustadl’afin).

d. Di bidang ekonomi, mengupayakan peningkatan pendapatan masyarakat dan lapangan kerja/usaha untuk kemakmuran yang merata.

e. Mengembangkan usaha-usaha lain melalui kerjasama dengan pihak dalam maupun luar negeri yang bermanfaat bagi masyarakat banyak guna terwujudnya Khaira Ummah.

====================

ANGGARAN DASAR FPI

BAB II
ASASI ORGANISASI

Pasal 5
ASAS, AQIDAH DAN MADZHAB
1. Organisasi FPI berasaskan Islam.
2. Organisasi FPI beraqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
3. Organisasi FPI bermahdzab aqidah Asy’ari dan bermadzhan fiqih Asy-Syafi’I.

Pasal 6
VISI DAN MISI
Visi dan Misi organisasi FPI adalah penerapan Syariat Islam secara Kaaffah di bawah naungan KHILAAFAH Islamiyyah menurut  Manhaj Nubuwwah, melalui pelaksanaan Da’wah, penegakan Hisbah dan Pengamalan Jihad. 

Pasal 7
PEDOMAN, SEMBOYAN, MOTTO, FILSAFAT DAN DOKTRIN :

1. Pedoman juang organisasi FPI ADALAH : Allah SWT adalah Tuhan kami dan Tujuan kami. Muhammad SAW adalah Teladan kami, Al-Qur’an adalah Pedoman kami, Jigad adalah Jalan Hidup kami, Syahid adalah Cita-Cita kami. 

2. Semboyan juang organisasi FPI adalah : Hidup Mulia atau Mati Syahid. 

3. Motto juang organisasi FPI adalah perjuangan Haq harus tersistem, karena perjuangan Haq yang tak tersistem dikalahkan oleh perjuangan Bathil Tersistem. 

4. Fisafat organisasi FPI adalah : Bagi Mujahid difitnah adalah biasa, dibunuh adalah Syahid, dipenjara adalah ‘Uzlah , dan dibuang adalah Tamasya.

NB : 
Silahkan diperbandingkan perbedaan di antara NU dan FPI, dan faktanya keduanya adalah beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar