Senin, 06 Mei 2019

97% KEMENANGAN JOKOWIDODO DI PULAU SUMATRA

REKOR Kemenangan Tertinggi Se-Kabupaten/Kota di Indonesia, Jokowi Raup 97% Suara di Daerah Ini

REKOR Kemenangan Tertinggi Se-Kabupaten/Kota di Indonesia, Jokowi Raup 97% Suara di Daerah Ini
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Jokowi Maruf mendapat ucapan selamatd dari negara sahabat seperti Mahathir Erdongan 
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rekor baru terukir di Pilpres 2019. Kabupaten Samosir tercatat menjadi daerah kemenangan pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin dengan persentase tertinggi tingkat kabupaten/kota se-Indonesia, hingga Minggu (5/5/2019).
Di kabupaten ini, Calon Presiden - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapatkan kemenangan fantastis.
Tak tanggung-tanggung, Jokowi - Ma’ruf mencatatkan persentase kemenangan hingga 97 persen dari jumlah suara sah. Sedangkan pesaingnya, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mendapatkan 3 persen suara dari pemilih di Samosir. Ini merupakan hasil pleno rekapitulasi KPU Samosir.
Pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sendiri juga memiliki daerah kemenangan signifikan, antara lain di Aceh dan Sumatera Barat. Namun, persentase kemenangan di kabupaten/kota tidak ada yang mencapai angka 97 persen.
Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir, mengatakan pihaknya telah menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kabupaten. Untuk pasangan Jokowi - Ma'ruf mendapatkan 72.289 suara atau 97 persen.
"Sedangkan jumlah suara untuk pasangan Prabowo - Sandi sebanyak 1.426 suara atau 3 persen," ujarnya kepada Tribun/www.tribun-medan.com, Minggu, (5/5/2019).
Adapun total suara sah sebanyak 73.715, dan suara tidak sah tercatat 711.
Ika menjelaskan, jumlah pemilih di Kabupaten Samosir baik pemilih yang tergolong pada DPT, Daftar Pemilih Tambahan (DPtb) dan Daftar Pemililih Khusus (DPK) berjumlah 95.751 orang.
"Sementara itu jumlah pemilih disabilitas sebanyak 289 orang dan yang menunaikan hak pilihnya sebanyak 259 orang," ujarnya.
Hasil Pilpres 2019 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berdasarkan Situng KPU, Jumat (26/4/2019).
Hasil Pilpres 2019 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berdasarkan Situng KPU, Jumat (26/4/2019). (Screenshot KPU)
Pantauan Tribun Medan.com, persentase keunggulan Jokowi-Ma’ruf di Samosir paling tinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Tanah Air. Termasuk di Bali, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara, yang menjadi penyumbang suara terbesar bagi Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar